Senin, 24 September 2012

PDM Berangkatkan Guru Senior Naik Haji

TAPSEL - 24 September

Pesantren Modern UnggulanTerpadu Darul Mursyid (PDM) memberangkatkan seorang guru seniornya, Drs Yusri Lubis menunaikan ibadah haji. Acara pemberangkatan diadakan di PDM, Jumat (21/9) lalu.
Hal ini dikatakan Wakil Dirketur PDM, Drs H Syarifuddin Nasution.
Katanya, naik haji wajib hukumnya bagi umat muslim yang mampu.
”Harapannya semua umat Muslim mampu menunaikannya baik secara perorangan maupun organisasi yang memberangkatkannya.
Sehingga jadilah kita warga muslim internasional yang mengenal semua saudara kita dari berbagai bangsa dan sudah tentu akan membuka wawasan kita pula,” ucapnya. Menurut Drs YusriLubis yang mendapat giliran berangkat haji tahun ini, program yang dicanangkan oleh PDM sangat membantu sekali.
”Scara pribadi dan guru-guru mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) selaku Badan Pengelola PDM yang telah menggagas program ini,” ungkapnya bahagia dalamkata sambutan.
Dikatakannya, mereka bekerja di PDM yang berada di Desa Sidapdap-Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) dan ada giliran naik haji secara gratis untuk semua guru dan karyawan. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan kinerja.
”Saya juga tidak lupa akan mendoakan di tanah suci agar kita, PDM dan PT Jasari semakin sukses di masa depan,” ucapnya haru. Ketua Umum Yaspenhir, H Jafar Syahbuddin Ritonga MM bersyukur kalau pihaknya dapat mewujudkan program menghajikan guru dan karyawan PDM setiap tahunnya.
“ini karena ridho Allah SWT serta kerja keras kita semua,” ujar H Jafar melaui telepon seluler dari pulau Batam, Minggu (23/9). Keberangkatan kali ini tambah pengusha muda dan dosen S2 Magister Management ini, punya makna tersendiri. Sebab pertama sekali sejak program naik haji dicanangkannya.
”Asalkan sabar, Insya Allah semua guru dan karyawan PDM akan kebagian berangkat ke tanah suci Makkah. Ini adalah janji saya,” tegas mahasiswa S3 program DBA Universitas Sains Malaysia (USM) yang saat ini sedang meneliti sebuah perusahaan terkemuka di Batam dalam rangka praktek perkulihannya.
Kalau untuk guru dan karyawan PDM, dia akan usahakan sedaya mampunya sebagai pimpinan agar lebih baik. “Tidak hanya naik haji melainkan kepemilikan rumah pribadi akan kita realisasikan. Dan saya berharap guru dan karyawan tidak sengsara dihari tuanya,” pungkas pemilik tunggal PDM tersebut.
Hari itu juga, Drs Yusri Lubis bersama calhaj Kecamatan SDH berangkat ke Sipirok, berkumpul dengan seluruh calhaj Tapsel, diberangkatkan Bupati Tapsel serta unsur pimpinan daerah menuju asrama Haji Medan untuk bertolak ke Makkah. (neo/mer)

Senin, 17 September 2012

Darul Mursyid Patner Pemerintah

PDM, 17 September

Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah.Pemerintah berkewajiban memikirkan dan melaksanakan pendidikan.Namun bila ada lembaga swasta yang mau memikirkan tentang pendidikan tersebut maka lembaga itu adalah patner pemerintah”.Kata bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu ketika memberi sambutan pada halal bi halal di Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) 28 Agustus 2012.”Darul Mursyid telah mengangkat nama Tapanuli Selatan baik tingkat provinsi hingga nasional dan lembaga ini juga kembali mengukir dengan tinta emas kepada kabupaten ini dalam bidang edukatif”,tambah bupati yang merakyat tersebut.Selain itu orang nomor satu di Tapanuli Selatan ini juga cukup salaut pada PDM dengan program-program sosial pengentasan kemiskinan yang akan mensejahterakan rakyat.Oleh sebab itu bupati sangat berharap semua lembaga agar mau bekerja sama dan mendukung program PDM.
Ketua umum Yayasan Pendidkin Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) H.Jafar Syahbuddin Ritonga SE,MBA mengatakan dalam sambutannya bahwa PDM sudah berjalan on the right treck,oleh sebab itu harapan kami adalah kita dapat bergandengan tangan dalam meraih sukses.Selanjutnya pemilik PDM tersebut memaparkan beberapa program yang sudah berjalan,diantaranya adalah menjadi juara umum Olimpiade Sains Madrasah (OSM)tingkat provinsi Sumatera Utara,mewakili Sumut untuk OSM nasilonal,meraih satu perak dan satu perunggu pada OSM nasional 2012,penyaluran dana gemar infak jumat (Ginju) ke masjid-mesjid yang membutuhkan,penyaluran zakat profesi kepada keluarga duaffah yang akan mengembangkan usaha,penyaluran zakat fitrah,penyaluran infak dan sedekah ke panti asuhan/anak-anak yatim,penyaluran santunan bantuan hidup (SBH) kepada kaum jompo yang tidak mampu bekerja lagi.”PDM selain tempat menimba ilmu pengetahuan juga harus bermanfaat bagi masyrakat dan tidak menjadi menara gading”.ujar mahasiswa S3 program DBA Universitas Sains Malaysia di Pulau Pinang Malaysia ini.
Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan dana Ginju kepada tujuh pengurus masjid untuk merehab masing-masing masjid tersebut,yakni :masjid Silangkitang kecamatan Aek Bilah Tapanuli Selatan,masjid Al-Mukhlisin desa Sidapdap Simanosor Sitandiang kecamatan S.D.Hole Tapanuli Selatan,masjid Parau Sorat desa Sitabo Tabo S.D.Hole Tapanuli Selatan,masjid Al-Muttaqin desa Pagaran Siala kecamatan Arse Tapanuli Selatan,masjid Babussalam Tabu Sira kecamatan          Angkola Timur Tapanuli Selatan,masjid Raudatul Muslimin Jl.Kh Agus Salim (Pasar 6) Lubuk Pakam kabupaten Deli Serdang,dan musola kantor camat S.D.Hole Tapanuli Selatan.Pada kesempatan yang sama ketua badan pendiri Yaspenhir Hj Riana Siregar juga menyerahkan ongkos naik haji (ONH) semester satu tahun 2012 kepada Ali Usaman karyawan PDM.Acara berakhir dengan shloat berjemaah dan makan bersama di aula putri PDM bersama Bupati Tapanuli Selatan

Senin, 10 September 2012

Perbaikan dan Pelebaran Jalan


PDM, 10 September

Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) mendapat jatah perbaikan dan pelebaran jalan,direncanakan proyek ini akan dilaksanakan mulai dari desa Simanosor hingga ke dalam komplek PDM.Hal ini dikatakan oleh Riki Hardiansya Hasibuan kepala devisi rumah tangga PDM 9 September 2012.Dari pantauan di lapangan bahwa proyek ini sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 3 September lalu.
“Seperti yang diketahui bahwa jalan dari desa Simanosor Julu menuju PDM saat ini dianggap terlalu sempit apalagi kalau orang tua siswa datang menjeput saat perpulangan dan mengantar kembali anaknya ke PDM”,kata H.Jafar Syahbuddin Ritonga SE,MBA ketua Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) pengelola PDM.”Nah dengan adanya perbaikan dan pelebaran jalan ini maka masalah kemacetan saat ramai kunjungan ke PDM akan teratasi”,papar pengusaha muda dan dosen S2 MM tersebut.”Kami juga sangat berterimakasih kepada Bupati Tapanuli Selatan yang selalu memikirkan dunia pendidikan sehingga mengarahkan bantuan tersebut ke desa tempat PDM berdiri”,tambah pemilik PDM.”Di sini kami juga sangat berterimakasih kepada seluruh penduduk desa Simanosor Julu yang dengan rela dan ikhlas menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan tersebut tanpa dibayar,ini adalah wujud kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyrakat”,pungkas mahasiswa S3 program DBA Universitas Sains Malaysia di Pulau Pinang Malaysia tersebut.
Bedasarkan data yang ada pada plang perencanaan bahwa keterangan proyek ini adalah sebagai berikut: Pemerintah Propinsi Sumatera Utara,Dinas Penataan Ruang dan Pemukiman,UPT Penataan Ruang dan Pemukiman Padang Sidempuan.Pekerjaan:Peningkatan kualitas lingkungan KWS Simanosor Julu-Pesantren Darul Mursyid,kec.Saipar Dolok Hole,kab.Tapanuli Selatan,Sumatera Utara.Nilai Kontrak:Rp 900858000 (Sembilan ratus juta delapan ratus lima puluh delapan ribu).Waktu pelaksanaan:Juli-Oktober 2012.Sumber dana:APBD tingkat satu Propinsi Sumatera Utara.Tahun anggaran:2012.Lebar jalan empat meter (4 m)
Menurut Minah Ritonga warga desa Simanosor Julu mengatakan bahwa pelebaran dan perbaikan jalan ini sangat baik sebab tidak terlalu sesak dan warga juga leluasa berjalan saat ada kenderaan lewat tidak takut ditabrak.”Kami sebagai warga komplek PDM merasa sangat berterimaksaih sebab jalan semakin lebar dan mulus sehingga kenderaan lancer”,kata Hamsimah S.Pd.I guru di pesantren tersebut.Melihat adanya proyek tersebut beberapa wali murid yang sedang berkunjung merasa sangat gembira,”ini akan memperlancar lalulintas sebab bila kenderaan roda empat berselisih sudah tidak harus berhenti lagi”,kata Samson wali sisawa asal Bengkinang propinsi Riau.

Sabtu, 01 September 2012

Darul Mursyid Science World Competation 2012


PDM, 1 September

Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) mengadakan perlombaan sains dengan nama Darul Mursyid Science World Competation (DM Swot).Hal ini diungkapkan oleh ketua panitia penanggung jawab Ahmad Suhaili Pulungan S.Pd.I di PDM 4 Juli 2012 kemarin.Lomba bergengsi yang diadakan setiap awal semester ini hanya untuk kalangan internal di PDM saja.Lomba ini juga sebagai ajang unjuk prestasi serta mencari bibit yang akan diorbitkan pada olimpiade eksternal (luar PDM).
Bagi siswa-siswi PDM ajang ini adalah salah satu even yang dinanti sebab melalui lomba ini akan diketahui peringkat terbaik semua siswa.Lomba yang memperebutkan hadiah total Rp 27.000.000,-(dua puluh tuju juta rupiah) ini diadakan pada 11-14 Juli 2012.Kegiatan ini juga akan diikuti semua siswa sehingga diharapkan setiap siswa pernah mengikuti lomba sains.
Menurut Lailina S.P yang bertindak sebagai ketua acara mengatakan bahwa dalam lomba ini semua materi olimpiade akan ditandingkan jadi bila anak kita ikut olimpiade di luar nantinya maka telah mudah karena terbiasa mengikuti lomba.Berdasarkan data yang ada dari panitia bahwa mata pelajaran yang dilombakan adalah fisika,kimia,biologi,matematika,bahasa Inggris,geo sains,astronomi,computer,dan ekonomi.
“Follow up dari kegiatan ini adalah setiap juara tentu medapatkan tiket pada even olimpiade eksternal” tambah Lailina.”Kita terus mengadakan pembinaan dan tidak ada kata berhenti sebab tantangan sudah menanti di depan kita,apalagi kita sudah mulai diperhitungkan di tingkat nasional”,pungkas guru biologi PDM tersebut.
Menurut kepala madrasah aliyah PDM Husnil Walad S.Sos bahwa dengan adanya kegitan DM Swot dan tugas lainnya membuat anak-anak kita jadi terarah dalam memanfaatkan hari liburnya di kampong halaman masing-masing.Hal ini diaminkan oleh Ali Ibrahim kepala MTs PDM,”adalah hal yang menyenangkan bila anak-anak kita tetap belajar walaupun sedang menikmati suasana libur,jadi libur selain membuat fresh juga tidak melupakan pelajaran”,tegas kasek muda tersebut.
Dalam pantauan redaksi bahwa di PDM saat ini sedang giat mengadakan persiapan DM Swot,penyambutan siwa baru dan lama,serta persiapan Haul (memperingati wafatnya pendiri PDM,almarhum H.Ihutan Ritonga).Semua kegiatan tersebut akan diadakan di bulan Juli ini juga.