Senin, 13 Juni 2011

Status

STATUS : AKREDITASI "A"
untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dari Badan Akreditasi Nasional (BAN)

  • Darul Mursyid mulai beroperasi pada TP. 1993/1994 dengan menerapkan kurikulum pendidikan nasional yang dipadu dengan kurikulum khusus yang bernuansa Islami.
  • Maksud dari pendirian Pesantren Darul Mursyid adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam 3 H yaitu Head (Kecerdasan Intelektual), Hand (Keterampilan) dan Heart (Kematangan Jiwa).
  • Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) dibangun di atas areal ± 15 ha pada ketinggian ± 700 m di atas permukaan laut. Hal ini merupakan lingkungan dan suasana yang kondusif untuk belajar, karena udaranya yang segar serta jauh dari keramaian, kebisingan, polusi dan pengaruh negatif lainnya seperti pornografi dan narkoba.
  • Darul Mursyid adalah sebuah Sekolah Prestasi (bukan sekolah pembinaan), artinya bahwa Darul Mursyid adalah tempat/wadah untuk membina anak-anak yang berprestasi, bukan tempat tempat membina anak-anak nakal, terlibat narkoba dan anak-anak bermasalah lainnya. Proses ini dimulai dari proses seleksi penerimaan santri baru hingga proses pengawasan santri yang mantap.
  • Pesantren Darul Mursyid merupakan sekolah yang terintegrasi dan terpadu, dimana jenjang pendidikan di Pesantren Darul Mursyid (PDM) ditempuh selama 6 (enam) tahun, yaitu dimulai dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) selama 3 (tiga) tahun dan dilanjutkan pada Madrasah Aliyah (MA) selama 3 (tiga) tahun dengan menggunakan sistem Boarding School (berasrama).
  • Pesantren Darul Mursyid (PDM) murni didirikan dengan bermotifkan sosial artinya seluruh keuntungan yang diperoleh dari pengelolaan pesantren ini akan diinvestasikan kembali untuk meningkatkan mutu pendidikan pada pesantren ini dengan cara terus membangun fasilitas pendidikan maupun fasilitas pendukung, sehingga saat ini Pesantren Darul Mursyid termasuk salah satu pesantren yang terlengkap dan termodern di Sumatera Utara.
  • Sistem pendidikan pada Pesantren Darul Mursyid bertujuan untuk membentuk manusia yang Islami, mandiri dan memiliki intelektual yang tinggi, namun tetap memiliki nilai-nilai akidah dan akhlak yang Islami.
  • Pelajaran keagamaan di madrasah dengan diiringi praktek ibadah di kehidupan sehari-hari diharapkan akan membentuk santri-santri yang memiliki jiwa keimanan dan aqidah Islami yang kokoh, akhlak dan etika Islami yang luhur serta ibadah yang kerkualitas.
  • Kemandirian para santri PDM dibentuk melalui kehidupan berasrama dengan suasana Islami yang modern, dimana para santri sejak dini akan dibiasakan untuk mampu mengurus dirinya sendiri. Kebiasaan dan disiplin dalam kehidupan santri sehari-hari akan bermanfaat bagi masa depan santri kelak.
  • Kegiatan belajar mengajar (KBM) di madrasah Darul Mursyid dengan didukung oleh kemampuan tenaga pendidik (guru) berpredikat S1 dan S2 yang handal dan berpengalaman serta fasilitas yang memadai akan membentuk santri-santri yang memiliki kemampuan intelektual yang mampu bersaing dengan dunia luar.
  • Untuk menjamin pengawasan santri yang mantap dan mutu pendidikan yang tinggi, maka Yaspenhir selaku pengelola Darul Mursyid membuat kebijakan bahwa jumlah santri yang diasuh Pesantren Darul Mursyid untuk setiap tahun pembelajarannya adalah maksimum 1000 (seribu) orang.
  • Sistem pengasuhan yang profesional dan tegas untuk menjamin tidak terjadinya kekerasan fisik terhadap santri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ide, Kiritk, Pesan silahkan Anda tulis di sini