Senin, 13 Juni 2011

Visi, Misi

MISI - VISI - PLATFORM - ORIENTASI - STRATEGI PENDIDIKAN


Mengenal Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid Melalui Misi, Visi, Simbol, Platform, Orientasi, Motto/Semboyan dan Strategi Pendidikannya. Yaspenhir telah menentukan misi, visi, dan platform PDM sebagai petunjuk (guideline) bagi Direktur dalam menjalankan operasional PDM.

MISI PDM adalah : “Menghasilkan Calon Intelektual Muslim yang Mandiri”

Penjelasan :
Islami       : PDM bertujuan menjadikan manusia (SDM) Indonesia yang memiliki jiwa keislaman (keimanan) yang kokoh / kuat serta melaksanakan ibadah-ibadah Islami secara mantap 
Mandiri     : PDM bercita-cita menghasilkan SDM Indonesia yang memiliki cara berfikir dan sikap yang mandiri, tidak tergantung kepada orang lain, hidup lebih terbuka dan tidak tertutup (ekslusif), mampu menerima ide dan perubahan-perubahan yang baik
Intelektual   : PDM bertekad untuk mencetak SDM Indonesia yang memiliki  kemapanan / kecerdasan dalam berfikir, rasional, mampu menyelesaikan segala permasalahan dengan tepat dan benar, dan siap berkompetisi.

Kesimpulan : PDM didirikan untuk menghasilkan Intelektual-Intelektual Muslim dalam rangka meningkatkan kemajuan agama Islam serta masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

VISI PDM 2010 adalah : ”Menjadi Pesantren Sains Terbaik di Indonesia, dalam hal Prestasi dan Manajemen di akhir tahun 2018”


Penjelasan :
PDM bertekad untuk menjadi yang terbaik diantara pesantren-pesantren lain yang ada di Pulau Sumatera pada akhir tahun 2013 yang akan datang; terbaik dalam ukuran / standard yang bisa diukur yaitu dalam  prestasi di bidang Intelektual / Akademik serta memiliki fasilitas-fasilitas utama dan pendukung pendidikan.

 

PLATFORM

Platform PDM yang berfungsi sebagai Guidelines (Pedoman) Pembentukan Anak / Santri yang bersekolah di PDM selama 6 (enam) tahun (berdasarkan urutan kepentingannya). Platform adalah merupakan sasaran dan tujuan pembentukan santri PDM, yaitu agar setiap santri yang bersekolah selama 6 (enam) tahun di PDM akan:
  1. Memiliki jiwa keIslaman (keimanan) yang kokoh dan mampu melaksanakan ibadah-ibadah Islami secara mantap
  2. Memiliki akhlak dan etika yang luhur
  3. Memiliki intelektualitas yang tinggi dan wawasan yang luas
  4. Memiliki kemampuan Berbahasa Asing dan Teknologi Informasi secara aktif
  5. Memiliki jiwa ke-wirausahaan (enterpreneurship)
Penjelasan :
  1. Memiliki jiwa keislaman (keimanan) yang kokoh adalah syarat mutlak yang harus dimiliki setiap muslim sebagai panduan/pegangan dalam kehidupannya; keimanan yang kuat akan menghasilkan pelaksanaaan ibadah-ibadah Islami yang mantap dan berkualitas.
  2. Memiliki akhlak dan etika yang luhur adalah faktor yang sangat penting bagi seorang muslim dalam meniti kehidupan dimanapun dia berada sehingga marwahnya tetap tinggi dimata masyarakat
  3. Memiliki intelektualitas yang tinggi dan wawasan yang luas sangatlah dibutuhkan bagi seorang muslim untuk mengarungi kehidupan yang keras dan penuh persaingan sekarang dan kelak
  4. Memiliki kemampuan berbahasa asing dan teknologi informasi secara aktif adalah faktor yang tidak kalah pentingnya bagi seorang manusia untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan dunia global saat ini  
  5. Memiliki jiwa ke-wirausahaan adalah faktor suplemen penting untuk kemandirian seseorang dalam kehidupannya selanjutnya.

ORIENTASI
Orientasi PDM adalah sebagai: ”Sekolah Prestasi Akademik, Bukan Sekolah Tempat Pembinaan Bagi Anak-Anak yang Bermasalah”

Penjelasan :
PDM adalah Sekolah Prestasi Akademik dengan fokus kepada prestasi yang berkaitan dengan ilmu-ilmu Sains dan Teknologi, misalnya: Juara Olimpiade Fisika, Biologi, dan Ekonomi, Lulus UN 100%, Lulus Program PMP, Juara Cerdas Cermat, Juara Karya Tulis Ilmiah, Juara Pidato berbahasa Inggris, serta Juara Debat dalam Bahasa Inggris. PDM bukanlah sekolah untuk mencari prestasi dalam bidang non-akademik, seperti: juara-juara di bidang olahraga, seni, dan pramuka. Oleh karena itu, PDM bukanlah ”Sekolah Tempat Pembinaan” atau sekolah rehabilitasi bagi anak-anak yang bermasalah.

STRATEGI PENDIDIKAN

Strategi pendidikan PDM adalah: ”Sekolah Yang Terintegrasi dan Terpadu Selama 6 (Enam) Tahun, serta Penyaringan (Filterisasi) Bertahap
Penjelasan :
PDM mendidik santrinya secara terpadu (ter-integrasi) selama 6 (enam) tahun, mulai dari Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs) sampai Kelas 3 Madrasah Aliyah (MA) atau mulai dari Kelas 1 s/d 6. PDM hanya akan menerima santri yang masuk mulai dari Kelas 1 MTs dengan sistim nilai rata-rata nilai rapor adalah 6,5 kelas V yang merupakan sistem penerimaan siswa baru di PDM yang berbeda dari tahun sebelumnya. Disamping itu, PDM bukanlah merupakan sekolah terakhir yang dilalui seorang santri; santri PDM haruslah melanjutkan lagi pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat bekerja atau mencari pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ide, Kiritk, Pesan silahkan Anda tulis di sini