Selasa, 01 April 2014

MTsN Rantau Prapat Studi Banding ke Darul Mursyid

MTsN Rantau Prapat mengadakan studi banding ke Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) pada 31 Maret 2014. Kunjungan ini adalah yang kedua kalinya dilakukan MTsN Rantau Prapat tersebut. Dalam kunjungan studi banding ke Darul Mursyid tersebut MTsN Rantau Prapat memebawa murid sebanyak 58 orang sedangkan guru pendamping sebanyak 12 orang.
Dalam acara studi banding kali ini Drs. H. Kamal Tanjung MA Kepala MTsN Rantau Prapat mengatakan bahwa Darul Mursyid adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. ”Kami sengaja memilih Darul Mursyid untuk studi banding sebab Darul Mursyid punya prestasi yang banyak. Kita tahu bahwa Darul Mursyid sangat Berjaya di mata pelajaran sains. Darul Mursyid juga tetap eksis dalam prestasi. Oleh sebab itu kita ingin belajar ke sini. Kita juga ingin menerapkan strategi yang dilakukan oleh Darul Mursyid untuk menguasai sains. Saya yakin bahwa kunjungan kami untuk yang kedua kalinya ini akan bermanfaat”, papar Kamal.
Dalam kesempatan tersebut Kamal juga mengungkapkan bahwa masalah klasik untuk meningkatkan prestasi di sekolah-sekolah adalah masalah finansial. ”Kita sudah ditetapkan anggarannya jadi tergantung besar anggaran untuk membuat program sementara terkadang di lapangan dana tersebut kurang mencukupi. Nah karena dana dibutuhkan cukup besar maka untuk sekolah madrasah negeri ungggulan hanya ada Madrasah Unggulan Insan Cendikia se-Indonesia. Begitupun kami dari MTsN Rantau Prapat ingin mencoba membuat beda dengan sekolah MTsN lainnya. Hari ini kami mengunjungi Darul Mursyid namun sebelumnya kami juga sudah berkunjung studi banding tingkat nasional. Semoga hasil kunjungan ini berdampak positif di MTsN Rantau Prapat khususnya dan pada umumnya di kabupaten Labuhan Batu”, terang Kamal.
Sebelumnya dari pihak Darul Mursyid yang diwakili Syarifuddin Nasution Wakil Direktur Darul Mursyid menerangkan sejarah Darul Mursyid. ”Darul Mursyid adalah lembaga pendidikan pesantren berasrama oleh sebab itu berbeda dengan MTsN Rantau Perapat. Dalam perjalanannya Darul Mursyid sudah mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun begitu juga dalam raihan prestasi baik tingkat daerah, propinsi maupun nasional. Kita bersifar terbuka, siapapun yang ingin berkunjung ke Darul Mursyid kita sambut dengan hati gembira. Semoga tali persaudaraan ini semakin kuat”, jabar Syarifuddin. Dalam momen tersebut Syarifuddin memperkenalkan pejabat yang ada di Darul Mursyid.
Pertemuan dilanjutkan dengan pertunjukan masing-masing sekolah. Pertunjukkan seni dan sains serta bahasa Inggris jadi pusat perhatian. Semua rombongan diperkenankan meninjau fasilitas yang ada di Darul Musryid. Rombongan mengadakan sholat berjemaah dan diakhiri dengan makan siang bersama.Selanjutnya rombongan MTsN Rantau Prapat yang menggunakan dua bus umum ini kembali ke Labuhan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ide, Kiritk, Pesan silahkan Anda tulis di sini